Apr 20, 2016

Review Mesin Jahit Mini Portable

Beberapa waktu yang lalu saya membeli mesin jahit portable. Kalau gak salah sih tipenya FHSM-202. Ini mesin jahit mini yang sudah memakai 2 benang, lengkap dengan pedal dan adaptor. Mesin jahit yang dibanderol dengan harga pasaran 200rb'an ini memiliki fitur yang sederhana dan diperuntukkan bagi kerja jahit sederhana. Berikut penampakan si mini portable di meja kerja saya.

FHSM-202

Itu mesin jahit tepat di sebelah laptop. Jadi bisa dibandingkan dengan besarnya laptop. Ukurannya tidak lebih besar dari laptop. Beratnya juga gak sampai 1,5kg. Jadi cukup ringan dijinjing kesana kemari. Untuk mesin jahit dengan harga 200rb'an, ini sangat layak untuk diadopsi. Kerjanya stabil dan gak ribet. Tutorialnya banyak di jumpai di youtube. Jadi gak terlalu bingung lah. Apalagi kalau sebelumnya pernah pegang mesin jahit jadul macam singer dan kawan-kawannya, pasti gak bingung untuk masukin alur benangnya. Mostly hampir sama dengan alur benang di mesin jahit semacam singer dkk.

Mesin jahit ini sudah memakai 2 benang. Jadi di dalam juga dilengkapi tempat untuk benang spool atau bobbin. Di dalam paket pembeliannya pun juga disediakan 4 benang spool cadangan. Yang agak tricky adalah ketika mau menggulung benang spool, kita harus menekan bulatan kecil yang ada di sisi kanan mesin jahit. Kalau puyeng, cari tutorialnya di youtube memakai kata kunci "bobbin winding".

Untuk kekuatan jahitan, jika dibandingkan dengan pendahulunya yang masih menggunakan 1 benang, tentu yang tipe ini lebih unggul. Jahitannya lebih kokoh dan tidak mudah terlepas. Sangat layak untuk pemula dan pekerjaan jahit ringan. Apalagi hanya sekedar menjahit celana sobek atau saku yang lepas jahitannya. Worthed banget lah untuk kelas ringan dengan harga yang gak bikin kantong menangis.  Bahkan untuk saya yang sedang belajar jahit lurus dan buta pola, mesin jahit ini sudah sangat memadai. Saya berhasil merombak beberapa baju ukuran dewasa untuk dipakai kira dan kara. Tapi jangan ditanya kerapihan jahitan saya yaa... masih jauh dari proffesional dan kelas terbang tinggi lah. Mesin jahit ini juga menyelamatkan dompet saya dari membeli celana baru.

Namun untuk pekerjaan jahit berat, mesin ini tidak saya rekomendasikan. Karena jika dibandingkan dengan hasil jahitan mesin jadul macam singer, brother dan kawan-kawan, hasilnya sangat jauh. Pada jenis kain tertentu yang tipis dan ringan, jahitannya mudah melebar yang tentu saja rawan sobek lagi. Bahkan jika kain harus bertumpuk lebih dari 3 atau 4, kerja jarum jahit jadi berat dan keras. Tentu saja hasil jahitan jadi tidak maksimal. Untuk mensiasati agar jahitan tidak mudah longgar dan lepas, biasanya di kedua ujung jahitan saya dobel atau jahit ulang sepanjang kurang lebih 3-5 cm. Untuk benang yang tebal, biasanya kecepatan jahitan saya ubah ke setting yang lebih cepat. Oh iya, mesin ini dilengkapi 2 jenis kecepatan, lambat dan cepat. Jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Nah ini salah satu project remake baju yang pernah saya jahit menggunakan mesin jahit mini portable ini. Spesial untuk bulan April ini lagi libur ngerjain projectnya karena sedang fokus kerjaan utama yang deadline bulan ini. Semoga bisa update di instagram untuk project project selanjutnya.
Repurpose shirt
Yang ini spesial buat Kira dan Kara: belajar dari pengalaman bundamu yang dulu sering kabur ketika uti awi mengajak belajar menjahit, ini yang bisa bunda bilang. Belajarlah menjahit lurus walau hanya sekedar jahit sapu tangan nduk... Karena skill satu ini tidak akan pernah membuatmu rugi. Bahkan disaat darurat bisa menyelamatkan kantong dan dompetmu. Belajarlah nduk.. belajarlah... suatu hari nanti, gantian bunda yang akan mengajarkan kamu menjahit. Kita akan bercanda, beradu argumen dan berceloteh sambil njahit. Suara jegres jegres mesin jahitmu suatu hari nanti mungkin akan membuat bunda kangen dan telp kamu untuk tanya, ada bajumu yang bolong apa enggak, nduk?!

68 comments:

  1. Pengin euy... Tapi saya belum bisa menjahit :(
    Pengin punya buat mendekin gamis. Maklum pendek, jadi beli gamis sering kepanjangan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake mesin jahit mini ini gampang kok mbak.. banyak tutorialnya di yutub.

      Delete
    2. tapi reviewnya katanya susah.. beginilah begitulah..
      mohon pencerahannya..

      Delete
    3. Coba diurai dulu yang bikin susah apanya? Saya masih pemula soal jahit menjahit. Pakai mesin ini termasuk gampang. Tutorial2nya banyak kok di youtube :)

      Delete
  2. aku dulu pengen banget beli mesin jahit kecil itu mbak wid
    eh ke undur2 sampe gak jadi
    alhamdulillah kemarin dapat hadiah review
    jadi tambah semangat mau belajar jahit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aahh.. hadiah reviewnya mbak Avy sih sudah cetar banget. itu bikin aku mupeng tingkat dewa. Nanti kalo dapat lagi, coba itu yang lama dilempar kemari.. heuheu.. siap menangkap dengan 2 tangan terbuka.

      Delete
  3. aaah, belum make juga sampae sekarang :(
    huhu... ajarin dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo.. ayoo.. sini. Belajar bareng, sambil gunting-gunting kain. heuheu..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. wahh jadi pengen punya, dan emang lagi rencana beli hehe. Mom, izin share tentang mesin jahit ini yaa, thank you :) manfaat sekali reviewnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Fani.. Salam kenal. Silahkan... Alhamdulillah kalau membantu.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum ..bagus infonya manfaat bgt deh .. ^^
    Bru bbrapa hri hasrat saya untk mesin jhit mini ini terpenuhi alhamdulillah. ^^
    Tapi Saya aga kesulitan dalam menggulung benang karena tombol yang di hand wheel nya kurang panjang jdi saat benang habis kebingungan mau gulungnya gmana hiks. Btw apakah tombol itu pada awalnya panjang atau gmana ya ? Soalnya mesin jhit punya say pendek jadinya ga bisa gulung benang :(
    Mohon dibantu bund, soalnya masih newbie .. :D
    Terimakasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai melati,
      tombol hand-wheel punya saya juga Awalnya pendek. coba ditekan dan diputar itu akan jadi panjang.

      Delete
  7. Duh..lucu bgt itu si kika. Iya betul jd inget dl ummi prnh bilang seorang ibu itu kudu bs jahit2 meski sederhana krn pst bth apalagi urgent. Kyk kmrn seragam br si ka2k yg msh polos blom ada atribut. Nda2k tengah mlm kudu dpake deh ilmu jahit2nya krn bsk hrs dpake tuh sragam...hehe. trimaksh ummi..trimaksh sobat bwt ulasannya. Top dech bwt ibu yg satu ini

    ReplyDelete
  8. Duh..lucu bgt itu si kika. Iya betul jd inget dl ummi prnh bilang seorang ibu itu kudu bs jahit2 meski sederhana krn pst bth apalagi urgent. Kyk kmrn seragam br si ka2k yg msh polos blom ada atribut. Nda2k tengah mlm kudu dpake deh ilmu jahit2nya krn bsk hrs dpake tuh sragam...hehe. trimaksh ummi..trimaksh sobat bwt ulasannya. Top dech bwt ibu yg satu ini

    ReplyDelete
  9. Duh..lucu bgt itu si kika. Iya betul jd inget dl ummi prnh bilang seorang ibu itu kudu bs jahit2 meski sederhana krn pst bth apalagi urgent. Kyk kmrn seragam br si ka2k yg msh polos blom ada atribut. Nda2k tengah mlm kudu dpake deh ilmu jahit2nya krn bsk hrs dpake tuh sragam...hehe. trimaksh ummi..trimaksh sobat bwt ulasannya. Top dech bwt ibu yg satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. naaahhh.. iya kan yaa.. walau cuma buat jahit celana bolong juga pasti kepake ilmu jahitnya. Padahal aku paling males berurusan dengan kerjaan yang memerlukan detail. gak sabar.. gak telaten. grusa-grusu bawaannya. haha... :))

      Delete
  10. wah mini ya. itu kemeja jd dress cantik. bundanya kreatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiiiih mbak Inna... Ini juga lagi belajar. Masih acak-acakan sebenarnya sih jahitannyaa... :D

      Delete
  11. Mba mau nanya dong, klo di akhir jahitan kan kita potong benangnya. cara mengunci akhir jahitan agar tdk terlepas, triknya gmn ya mba? apakah kita ikat manual lagi? mohon infonya mba.
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diujung jahitan, dijahit ulang bolak-balik sepanjang 1cm. Diulang 2-3 kali. Jadi kalo pas dipotong, ada jahitannya yg agak longgar gak langsung lepas.

      Delete
  12. Assalamualaikum
    Saya Ririn. Saya bener2 pemula banget dalam hal menjahit.
    Saya mau bertanya bagaimana mengatur tension screw nya ya ?
    Saya coba trs selalu lepas benang dr jarumnya.
    Kemudian mengapa ya kalau saya coba menjahit selalu lompat2 pola jahitannya.
    Jarum nya sudah saya ganti yg nomer 13, karna mw menjahit utk bahan krudung dsb.
    Adakah pin bbm atau no hp yg bs dihubungi utk bertanya ? Saya vnr2 bingung cara menggunakan mesin jahitnya krna panduanny berbahasa inggris. Dan video tutorial yg saya tonton di youtube jg ttp tidak berhasil.
    Mohon perhatiannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum
    Saya Ririn. Saya bener2 pemula banget dalam hal menjahit.
    Saya mau bertanya bagaimana mengatur tension screw nya ya ?
    Saya coba trs selalu lepas benang dr jarumnya.
    Kemudian mengapa ya kalau saya coba menjahit selalu lompat2 pola jahitannya.
    Jarum nya sudah saya ganti yg nomer 13, karna mw menjahit utk bahan krudung dsb.
    Adakah pin bbm atau no hp yg bs dihubungi utk bertanya ? Saya vnr2 bingung cara menggunakan mesin jahitnya krna panduanny berbahasa inggris. Dan video tutorial yg saya tonton di youtube jg ttp tidak berhasil.
    Mohon perhatiannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tension screw nya udah coba diputer-puter kah mbak? Kalau mesin jahit manual biasanya tinggal puter kan ya?! Duh, sayang sekali saya belum utak atik tension screwnya. Maaf ya mbak.. Kalau lompat-lompatnya, sudah coba diutak-atik tombol kecepatannya kah?!

      Delete
  14. hai mba..
    aku baru beli mesin jahit mini seri ini juga..
    tapi kok bobbin handle yang diatas ga bisa dibuka ya? trus gimana caranya ngeganti bobbin benang atas kalo susah dibuka
    terima asih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kayaknya memang bukan untuk diganti mbak. Kalau mau pasang benang baru pakai aja tempat benang yang diatasnya si bobbin itu. Kan ada kayak stick panjang. Baru benangnya dilewatin di bobbinnya.

      Delete
  15. Aku pengen deh punya mesin jahit, soalnya lagi seneng banget bikin dress dan celana anak2. Tapi aku pasti stress kalo pasang benang. ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kan sudah ada mata nenek. Ngapain stress pasang benang?! Lagian alur benangnya juga gampang hafalinnya. Lihat di yutub dunk. Jangan hanya lihat review makanan mulu.

      Delete
  16. iya mbak, kalau yang portable mini cuma bisa yang kain katun kalau agak tebel dikit, eh langsung patah jarumnay :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuuull.. sekarang juga sudah mulai melirik untuk upgrade mesin portable nya. haha... yang ini lama-lama jahitannya longgar. gak singset. apalagi utk kain yang tipis.

      Delete
  17. Mbak, mau tanya. Kalau beli jarumnya dimana ya? Saya lagi mau beli nih. Bingung cara makenya. Trus mesin jahit mini ini hanya bisa jahit lurus 1 pola aja berarti ya? Thanks sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba bawa contoh jarumnya ke toko alat jahit deh. aku belum ganti jarum sejak awal beli. Dapat cadangan jarum juga gak sih? seingatku ada cadangan jarumnya. Iya, ini hanya untuk 1 pola jahit aja. lurus.

      Delete
  18. Mbak, saya juga punya mesin jahit seperti itu. Saya ganti jarum singer biasa tidak bisa cocok.
    Yang cocok pakai jarum merk apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibawa aja contoh jarumnya yang lama ke toko alat jahit. biar bisa dicarikan yang cocok. aku belum pernah ganti jarum. Cadangannya gak ada ya?

      Delete
  19. Saya mo tanya mesin jahit portable 202 gimana cara ganti benang yg habis pada sekoci samping?? Kbetulan benang pd sekoci sampingx habis.. gmn cara pasang pd sekocix??? Klo benang sekoci bawahx bagus mba tinggal sekoci samping yg hbs benangx..??

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Gmn cara membuka bobbin yg berada pada samping mesin jahit portable 202..soalx benangx dah habis n sy mo ganti dgn benang baru.. sy gk tau membuka bobbin yg ad d smping x..puyeng nih..minta tlg ya..

    ReplyDelete
  22. Gmn cara membuka bobbin yg berada pada samping mesin jahit portable 202..soalx benangx dah habis n sy mo ganti dgn benang baru.. sy gk tau membuka bobbin yg ad d smping x..puyeng nih..minta tlg ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Intan, inti pertanyaannya sama ya. Saya jawab satu saja disini ya. Sekoci atau bobbin yang atas tidak perlu dibuka. Kalau sudah habis, dipakai untuk jalan benang saja. Benangnya ditaruh di tempat benang yang seperti stick yang ada di atas. Jadi taruh benangnya sama seperti mesin jahit pada umumnya. Stick bisa ditarik agar panjang, dan benang ditempatkan seperti biasa. Semoga mudah dimengerti yaa..

      Delete
  23. Mba mau tanya. Kalau mesin ini bagusnya dipakai untuk kain jenis apa ya? Rencananya saya mau pakai untuk kain flannel, apa cukup bagus jahitannya untuk kain jenis itu?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kain yang tebal semacam katun, kaos. Kain flanel bisa, aku pernah coba cukup tebal kok.

      Delete
  24. Mbak,,ini mesin ny bisa untuk zigzag kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa mbak, hanya untuk jahit lurus saja. kalau yang zigzag versi atasnya ini, yang harganya 600rb'an paling murah. Tapi kalau buat advance mending yang sekelas brother sekalian deh. Sebanding investasi dan awetnya.

      Delete
  25. Mba, mau tanya dong. kalo aku mau belajar jahit, padahal belum bisa sama sekali. maunya sih tar kalo udh bisa, udh pro gitu (wkwkw) mau bikin baju2 gitu hehehe lebih baik beli mesin jahit mini atau langsung yang Br*ther ya kalo mau buat belajar dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mendingan yang mini dulu aja deh. Kalau beli yang mahal, dan ternyata gak suka kok sayang banget ya. Aku punya teman yang niatnya mau belajar jahit, lalu beli mesin jahit yang bagus, ternyata bingung pasang benangnya. lalu desperate, dan mesinnya nganggur. sayang banget kan.. Kecuali udah pernah belajar sebelumnya, udah pernah pegang mesin jahit manual, gpp deh beli yang brother.

      Delete
  26. Mba
    Aku beli mesin jahitnya
    Tapi lg eror benang atas ngga bisa ngait ke benang yg sekoci bawah 😐
    Pdahal udah ngikutin tutorial yg di youtube
    Punya solusi ngga mba??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, itu kemungkinan karena pasang sekocinya belum tepat. coba perhatikan di tempat pasang sekoci itu ada jalur untuk benang sekoci agar bisa ditarik sama benang yang atas. Kalau benang sekoci gak masuk jalur itu, benang atas gak bisa narik sekocinya. Coba diutak-atik ya mbak..

      Delete
  27. Hai Mba...
    Aku pengen beli mesin jahit ini,, tapi,, bisa untuk membuat lubang kancing kah mbak? sudah include kah alatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak, yang seri ini gak bisa dipake buat bikin lubang kancing. Ini hanya bisa buat jahit lurus biasa aja.

      Delete
    2. Ada contac yang bisa dihubungi gak mbak? Saya pengen belajar juga.

      Email : nanihaerani1995@gmail.com

      Delete
    3. chat di akun facebook saya bisa kok, mbak.. ID saya di www.facebook.com/wiwidwadmira :)

      Delete
  28. Hai mbak, kalau buat jahit busa buat kerudung bisa gak yah? Oh ya bisa juga buat sepatu yang buat ngelim gak? Mau beli tapi ragu. Hehe terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau busanya kerudung, Insyaallah masih bisa. Kalau buat ngelim sepatu kok kayaknya terlalu keras yaa..?! Kalau untuk pekerjaan berat mending beli yang bagus sekalian mbak. Mesin jahit yang tipe ini beneran hanya untuk kerjaan ringan rumah tangga. Saya gak merekomendasikan untuk pekerjaan berat dan serius. Untuk kelas bisnis juga saya gak rekomendasikan meskipun jahit kain biasa.

      Delete
  29. Kalo untuk jait ujung celana jeans yg ditekuk kuat nggak mbak ?

    ReplyDelete
  30. Kalo untuk jait ujung celana jeans yg ditekuk kuat nggak mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih gak kuat mas. Mesin jahit yang bukan portable aja kayaknya kerja keras untuk jahit celana jeans yaa.. Apalagi mesin portable seperti ini. Mesin ini untuk jahit kain katun rangkap 3 saja berat mas. Mending kalau untuk jeans dibawa ke permak jeans aja. hehe. Hope it helps ya mas...

      Delete
  31. Mbak, mesin jahit portable mini-nya awet kah? 😄 Kalo misal buat bikin kemeja gitu apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin kemeja sih bisa saja. Tapi saya gak rekomendasikan, karena jahitannya gak terlalu kokoh. Masih lumayan untuk sebatas permak atau pekerjaan jahit lurus yang simple saja. Mesin jahit punya saya masih bisa dipakai sampai sekarang. Tapi ya sehari-hari hanya untuk jahit celana bolong, permak kemeja, gitu-gitu aja siih...

      Delete
  32. Apakah untuk menjahit seprei dan gorden bisa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk kerjaan berat, gak recommended mbak. Tapi kalau sekedar iseng bikin 1 sprei, bisa lah. Jadi bukan untuk proffesional yaa.. Karena hasil jahitannya gak sekokoh Mesin jahit biasa.

      Delete
  33. Trimakasih mbak atas infonya,itu lah sya bingung antra belik atau tidak,krna saya ingin belajar menjahit dngan memilai jahit2 seprei gorden kan lurus2 aja gampang gtu rasanya,,apalgi jahit jilbab2 syar'i itu rasanya enak banget kalo bisa jahit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sebelumnya sudah pernah pegang mesin jahit manual, mending beli yang brother atau sekelasnya aja mbak. Sekalian awetnya. Kalau mesin ini hanya untuk kelas jahit celana bolong deh. Tapi kalau mau sekedar punya untuk jahit2 sederhana dan benar2 belajar sebagai pemula, gpp lah. Masih layak. Dengan 200rb'an cukup worth it kok.

      Delete
  34. Aku jual 158ribu kontak aja bisa pake gojek wilayah jabodetabek
    Wa : 083180911121

    ReplyDelete
  35. Info donk, klo utk pasang aplikasi spt renda di gamis jersey bisa ga ya say?

    ReplyDelete
  36. mbake... akun ig nya bisa di share gak???

    ReplyDelete
  37. mbak, mau nanya, itu shoe (sepatu jahitnya) bisa diganti ganti gak??

    ReplyDelete
  38. Mba, ak mau tanya.. Mesin jahit tipe itu bisa menggunakan sepatu jenis apa saja ya? Ditunggu jawabannya, mksh ��

    ReplyDelete