Oct 25, 2013

Welcome to the Amazing Three

Welcome to the amazing three... Yup, sekarang kira dan kara sudah 3 tahun lebih.. saya mengalami petualangan yang berbeda lagi kali ini. Tahapan yang saya jalani bersama kira dan kara juga berbeda.
Di tahapan usia ini rupanya anak sudah mulai melangkah mandiri. Sekarang kira dan kara sudah tidak mau lagi digandeng tangannya kalo lagi jalan-jalan. "aku mau jalan sendiri bunda" Mereka tidak peduli entah saat itu sedang berjalan di gang perumahan atau sedang menyeberang jalan di jalan raya. Seolah jalan sendiri seperti orang dewasa itu keren. Terkadang musti agak tricky menghadapinya. kalo sedang jalan di gang perumahan biasanya saya biarkan saja. Apabila ada mobil atau motor yang lewat,, selalu saya ingatkan untuk hati-hati dan berjalan dipinggir. Namun kalo sedang di jalan raya saya misti putar otak untuk terkadang pura-pura takut agar mereka mau menggandeng tangan saya. Hmmm.. meski sebenarnya takut beneran juga kalo mereka jalan sendiri dan tiba-tiba nyelonong lari. heuheu...
Di usia ini juga mereka lebih suka melakukan hal-hal kecil sendiri. seperti kalau mau minum UHT, sudah tidak mau lagi dibantu masukin sedotannya. Maunya pakai sepayu sendiri. Sudah mahir lepas dan pakai celana dan kaos sendiri. Meskipun beberapa kali kebalik depan-belakangnya. Dan seperti biasa, si ayah selalu saja telat sadar tahapan perkembangan anaknya. Pernah ketika mereka menemani saya lari di kebun bibit Kara tantrum hebat. Gara-garanya ketika saya sedang lari kira dan kara ditemani ayahnya duduk di pinggir danau sambil minum UHT. Dan ayahnya bermaksud membantu memasukkan sedotan, Kara marah hebat karena dia merasa bisa dan gak mau dibantu. dan dia minta sedotan itu ditempel lagi ke kemasan UHT agar bisa dia ulang lepasinnya. Akibatnya acara lari baru dapat 1 putaran harus berhenti, dan pulangnya ayahnya harus mengganti dengan UHT yang baru yang masih lengkap dengan sedotan menempel dikemasannya. haha..
Diusia ini pula mereka sudah mulai bermain secara mandiri. Saya mulai jarang terlibat permainan mereka. Biasanya mereka kompak bermain sesuatu berdua, terlihat asyik dan seru, Bahkan sore tadi mereka main kejar-kejaran berdua sampai keringat basah kuyup. Jadi bundanya ini bisa mengerjakan kerjaan yang lain.
Kira dan Kara juga mulai memilih stylenya sendiri. Kalau Kara suka segala sesuatu yang berbau princess dan berwarna pink, Kira lebih suka yang sporty dan tomboy. Kalau dapat kado rok bunga-bunga warna pink, Kira jaraang sekali mau memakainya. Hanya saat-saat tertentu saja dia mau dan minta untuk pakai. Namun kalau dapat oleh-oleh kaos, maka jangan harap kalau Kara mau memakainya. Kecuali kaos untuknya berwarna pink atau berkesan girlu. Kalau sudah begitu, Kira yang kejatuhan rejeki menerima oleh-oleh dobel, karena menerima hibah oleh-oleh untuk Kara. Jadi seperti ada kesepakatan tak tertulis diantara mereka, ketika menerima kado atau oleh-oleh maka yang Pink itu untuk adik dan warna selain itu punya kakak.
Selera film pun juga berbeda. Kalau Kara suka hello kitty, mickey mouse, maka Kira lebih memilih nonton film robot atau harry potter. Akibatnya, ketika nonton film-film itu saya harus intens menemani karena ada beberapa film yang banyak adegan kekerasannya. Saya belum pernah skip adegan-adegan itu, tapi saya selalu diskusikan apa yang mereka lihat. apa pendapatnya, bagaimana seharusnya, karena merekapun juga selalu banyak bertanya itu kenapa bunda, kenapa bisa gitu, itu gimana ceritanya, bla,,bla..bla..
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kira dan kara pun mulai lebih kritis, seperti Allah itu ada dimana bunda, kalau anak boy itu pipisnya pake apa bunda, kalau maemku itu masuk mulut terus kemana, bernapas itu apa, udara itu apa, pohon itu maem gak, kupu-kupu itu maemnya apa, tikus itu ada yang boy ada yang girl juga gak,  dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan "ajaib" yang setiap hari saya terima. Sekarang bundanya mulai banyak baca ensiklopedia pengetahuan. Ternyata ensiklopedia anak-anak itu luar biasa membantu. Semoga bunda selalu dapat rejeki lebih untuk dapat menambah koleksi bukumu nak.. hehe..
Ke depan saya masih akan banyak mengalami petualangan yang amazing, karena tahapanini belum selesai saya jalani. Saya yakin semua petualangan yang akan datang akannselalu membawa perjalanan penuh warna dan berlimpah ilmu baru bagi saya. thank you dear for taking me into this amazing three.. :)

No comments:

Post a Comment